Minggu, 22 Februari 2015

Jengkol Di Percaya Mampu Mengobati Beberapa Penyakit

Jengkol
Apa itu jengkol ??? Apakah benar jengkol mempunyai manfaat dan khasiat mengobati berbagai jenis penyakit. Mari kita bahas. berikut informasinya : 
Manfaat Jengkol Dan Khasiat Jengkol
Jengkol merupakan bahan makanan yang banyak disukai orang dan juga banyak juga orang yang membencinya. Aroma khas jengkol kadang membuat seseorang menjadi tidak betah. Aroma jengkol akan muncul pada bau mulut dan juga pada urin.

Tentu saja dengan urin yang berbau jengkol akan menjadikan kamar mandi atau toilet Anda menjadi berbau tidak sedap. Dibalik aromanya yang menyengat, ternyata tersimpan manfaat jengkol yang luar biasa.
  • Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan
Tentu saja manfaat dari jengkol dapat diperoleh dengan mudah. Cara pertama bisa dilakukan dengan mengkonsumsinya secara langsung. Jengkol juga dapat dimasak menjadi masakan lezat seperti semur jengkol dan juga rendang jengkol.

Manfaat jengkol bagi kesehatan adalah untuk mencegah terjadinya sembelit, mencegah anemia, mengatasi penyakit diabetes, mengatasi penyakit jantung, dan juga baik untuk ibu hamil. Jengkol mengandung serat yang sangat baik untuk system pencernaan. Asupan serat yang tercukupi akan menghindarkan Anda dari sembelit.
  • Manfaat Jengkol Untuk Diabetes
Sembelit yang terlalu sering akan membahayakan kesehatan tubuh karena sembelit dapat mengakibatkan terjadinya kanker usus besar. Manfaat dari jengkol tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jengkol secara langsung.

Manfaat lain dari jengkol adalah untuk mencegah anemia. Penyakit tersebut terjadi karena kekurangan zat besi. Jengkol mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu 4,7 gram setiap 100 g jengkol. Manfaat jengkol untuk diabetes karena kandungan zat pada jengkol dapat membuat kandungan gula dalam darah dapat turun dalam waktu yang tepat.

  • Manfaat Jengkol Untuk Jantung
Tentu saja cara menurunkan gula darah dengan mengkonsumsi jengkol harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Salah satunya dengan mengurangi makanan yang memiliki kandungan zat gula tinggi. Jika Anda penggemar minuman dan makanan yang manis, maka Anda dapat menggantinya dengan gula jagung. Dengan melakukan pola hidup sehat, maka manfaat dari jengkol dapat optimal.

Manfaat jengkol untuk jantung karena adanya kandungan mineral ang tinggi pada jantung. Jenis penyakit jantung koroner lah yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi jengkol. Jantung koroner terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Penyempitan tersebut tentu saja akan membuat aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol akan membuat pembuluh darah tidak mengalami penyempitan kembali. Manfaat dari jengkol tersebut tentu saja dapat diperoleh dengan mengolah jantung tidak menjadi overcook.
  • Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil
Manfaat jengkol untuk ibu hamil yaitu sangat baik untuk pertumbuhan tulang pada janin dan juga dapat mencegah terjadinya sembelit. Kandungan kalsium pada jengkol memang cukup tinggi. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang, termasuk tulang pada janin. Selain kalsium, kandungan serat pada jengkol juga sangat tinggi.

Ibu hamil akan semakin sering mengalami sembelit. Sehingga, dengan mengkonsumsi jengkol, maka ibu hamil akan terhindar dari sembelit. Manfaat jengkol bagi orang hamil juga harus dengan membatasi konsumsi jengkol. Sehingga, Anda juga akan terhindar dari efek negative dari jengkol.

Nah itulah manfaat dan khasiat jengkol yang sebernarnya, tentunya tidak sembarang mengkonsumsi jengkol. hanya secukupnya atau dengan takaran tertentu.  terimakasih atas minat dan kunjungnnya semoga bermnafaat .. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar